3 Fase Penting dalam Membuat Event
Updaters, pasti sering banget ya menemukan atau bahkan datang ke acara-acara yang dibuat oleh anak-anak muda! Sekarang ini yang namanya acara, pasti selalu ada di tiap weekend, dan nggak sedikit dari acara-acara tersebut dibuat oleh anak-anak muda kreatif. Kebanyakan dari kita memang udah dibiasakan meng-arrange sebuah acara dari saat kita masih di bangku sekolah. Lihat saja sekarang ini, pentas seni atau pensi nggak cuma diadakan sama anak-anak SMA, bahkan dari SMP. Acara-acara semacam pensi pun juga udah semakin berkembang mengikuti trend saat ini. Tujuannya nggak jauh agar pengunjung yang datang ke acara tersebut sesuai dengan ekspektasi si pembuat acara.
Lalu, bisa nggak ya kalau kita mau bikin sebuah acara kreatif, tapi belum punya pengalaman sama sekali dalam membuat acara? Jawabannya adalah bisa, walaupun memang butuh perjuangan. Hal ini yang dibagi oleh seorang Putri Indahsari Tanjung dalam acara Kutalk ke-9 lalu yang bertemakan “Embrace The Crowd Through Creative Event”. Siapa sangka kalau perempuan yang baru mau melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah ini udah sukses besar dalam membuat sebuah acara tahunannya yang diberi namaCreativepreneur Corner. Putri membagi banyak pengalamannya dalam membuat sebuah acara, dari yang memang cuma hobi sampai menjadi sebuah bisnis. Tidak mudah memang. Ada saat dimana proposal acara pertama Putri ditolak sana-sini oleh sponsor. Namun tekad Putri untuk membuat sebuah acara kreatif lebih besar daripada rasa pesimisnya yang akhirnya membawa Putri menuju kesuksesan.
Menurut kami, ada 3 Fase penting dalam membuat sebuah acara yang kreatif, yaitu:
- Planning Phase
Dalam membuat sebuah acara, tentu perencaan adalah hal yang utama. Sebelum lebih jauh dalam perencanaan membuat acara, ada 6 basic thinking yang harus kita penuhi dulu nih yaitu What, When, Where, Who, Why dan How. Kita harus tau dulu mau membuat acara seperti apa, kapan dan dimana tempatnya, siapa saja yang menjadi target audiens kita, kenapa kita bikin acara tersebut dan gimana cara mengemas acara tersebut dengan baik. Dalam planning phase, ada beberapa hal yang harus kita rencanakan sebaik mungkin. Misalnya seperti bagaimana ide dan konsep dari acara, juga perencanaan biaya.Research juga jadi hal yang penting lho sebelum membuat sebuah acara. Tujuannya agar acara yang akan kita bikin bisa sekreatif dan sebaik mungkin. Nggak hanya jadi acara yang seadanya tapi juga acara yang bisa bermanfaat dan menarik bagi para pengunjung yang hadir.
- Preparation Phase
Fase kedua adalah Preparation Phase. Persiapan setelah perencanaan memang merupakan hal utama kedua dalam membuat sebuah acara. Hal-hal yang harus dipersiapkan antara lain contohnya seperti sponsor dan desain. Sponsor dalam sebuah acara menjadi satu hal yang penting karena bisa mendukung pendanaan serta promosi dari acara tersebut. Semakin banyak sponsor yang bisa kita dapatkan, semakin besar acara yang bisa kita bikin. Untuk mendapatkan sponsor-pun, kita dituntut untuk bisa membuat sebuah proposal acara yang semenarik dan sekreatif mungkin. Agar calon-calon sponsor tersebut tertarik untuk mensponsori acara yang akan kita bikin. Dalam membuat acara, desain juga nggak kalah penting lho updaters! Desain poster acara yang unik dan kreatif, bisa menarik pengunjung sebanyak mungkin. Apalagi kalau acaranya juga menarik. Bahkan, desain panggung dan tempat acara juga bisa jadi pengalaman tersendiri buat pengunjung. Pasti senang banget kan kalau datang ke sebuah acara yang desain tempatnya itu unik dan nggak biasa!
- The Day and Post Event
Fase terakhir nggak kalah penting nih! The Day and Post Event Phase. Fase The Day adalah dimana ketika acara tersebut mulai dilaksanakan. Disini mungkin bakal banyak kendala yang nggak sesuai sama harapan, tapi kalau perencanaan dan persiapannya udah 100% pasti acara bakal berjalan selancar mungkin. Itu artinya, balik lagi ke perencanaan dan persiapan yang harus dipikirkan sematang mungkin terutama untuk ide dan konsep acara. Kalau Post Event adalah fase terakhir setelah acara tersebut selesai. Dalam fase ini biasanya kegiatan yang dilakukan adalah evaluasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari acara yang sudah kita buat dan pastinya juga menjadi acuan untuk acara lainnya yang akan dibuat kedepannya agar lebih baik lagi. Nggak ada salahnya lho meminta kritik dan saran dari pengunjung-pengunjung yang datang.
Itu dia Updaters 3 fase utama yang dibutuhkan saat membuat sebuah acara. Jadi, jangan pesimis dulu ya kalau kita mau bikin acara, tapi merasa belum berpengalaman dan takut acaranya jadi gagal. Karena di dalam membuat sebuah acara, yang paling penting itu bukan pengalaman, melainkan niat kemauan dan ide-ide kreatif. Yuk kita belajar bikin acara!
“You can’t use up creativity. The more you use, the more you have” – Maya Angelou
0 komentar:
Posting Komentar