anakUHO.com™ | Kamu adalah pemimpin,
minimal untuk dirimu sendiri. Bangsa ini butuh pemimpin hebat di masa depan dan
kamu harus mempersiapkan itu semua dari sekarang. Jangan tunda!
*anakUHO.com adalah media kampus. Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi/berita/artikel/ide/opini/pendapat dan gagasan melalui anakUHO.com dapat mengirimkan tulisannya melalui email : halo.anakuho@gmail.com. Setiap tulisan yang terbit di anakUHO.com menjadi tanggung jawab dari Penulis.
Sebelum melanjutkan,
silahkan diseduh dulu kopi dan pisang gorengnya. Sudah? Mari kita bahas 4 jurus
kepemimpinan satu per satu.
Jika kamu jadi
pemimpin, kamu harus bisa menciptakan rencana atau visi yang akan kamu raih.
Nah, dari rencana tersebut yang kemudian menjadi sebuah aksi nyata bersama
dirimu dan kawan-kawanmu. Ada 4 jurus yang akan kita bahas : perencanaan,
pengorganisasian, mengontrol dan membimbing.
1.
Perencanaan atau planning.
Sebagai calon pemimpin
masa depan, mulai dari sekarang kamu harus bisa membuat perencanaan yang baik.
Sebab gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Perencanaan
merupakan tindakan yang paling pertama yang harus kamu lakukan.
Untuk memudahkan kamu
merumuskan suatu perencanaan, gunakan saja mantra 5W plus 1H, seperti ini:
●
Tindakan apa yang harus dikerjakan?
●
Mengapa tindakan itu harus dikerjakan?
●
Di manakah tindakan itu harus dikerjakan?
●
Kapankah tindakan itu harus dikerjakan?
●
Siapakah yang akan mengerjakan tindakan
itu?
●
Bagaimana cara melaksanakan tindakan itu?
Walaupun sebuah rencana
itu masih berbentuk rumusan, tetapi ia akan sangat mempengaruhi berhasil
tidaknya kamu merealisasikan sesuatu.
Bagaimana jika tidak
ada rencana? kerjaan kamu dan tim jadi tidak terarah, tidak punya tujuan jelas
dan tidak bisa fokus. Jadi sebelum itu menimpa kamu dan teman-temanmu, lakukan
perencanaan sebaik mungkin.
2. Pengorganisasian atau Organizing
Setelah kamu berhasil
menyusun rencana, maka kamu harus melakukan pengorganisasian bersama tim. Untuk
sederhananya bisa seperti ini; pertama, cara kamu menggunakan se-efektif
mungkin sumber daya yang ada seperti dana, perlengkapan fisik dan jumlah
anggota di organisasimu. Kedua, memperjelas fungsi, jabatan dan tugas dari
masing-masing anggota.
Ketiga, kamu sebagai
pemimpin musti jeli melihat apa yang harus segera kamu kerjakan dan
pekerjaan apa yang bisa
kamu delegasikan ke anggota lainnya.
3.
Pengontrol atau Controling
Setelah semua rencana
telah dijalankan dan pembagian tugas sudah clear,
maka sebagai pemimpin kamu harus bisa melakukan kontrol pada jalannya
rencana biar gak melenceng dan sesuai
dengan apa yang diharapkan bersama.
Kan sayang sekali jika
rencana yang telah disusun bersama tetapi tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Iya nggak?
4.
Membimbing, kamu juga harus menjadi contoh buat teman-temanmu.
Sebagai seorang calon
pemimpin, kamu musti banyak-banyak meresapi arti dari sebuah kepemimpinan. Kata
memimpin, berarti menjadikan kamu sebagai contoh buat teman-temanmu. Contoh
disini banyak macam, bisa sikap kamu, pemikiran kamu maupun tindakan nyata yang
teman-temanmu bisa lihat dari kamu. Jadi pemimpin bukan sekedar gaya-gayaan, yang paling penting kamu
harus bisa menunjukkan tindakan dan perilaku yang mencerminkan kamu memang
seorang pemimpin dan sebaiknya kamu juga harus paham tiga tingkatan dalam
proses belajar menjadi pemimpin.
Jadilah pemimpin
terbaik untuk memimpin orang-orang terbaik.
Imam
Safrullah
*anakUHO.com adalah media kampus. Bagi pembaca yang ingin berbagi informasi/berita/artikel/ide/opini/pendapat dan gagasan melalui anakUHO.com dapat mengirimkan tulisannya melalui email : halo.anakuho@gmail.com. Setiap tulisan yang terbit di anakUHO.com menjadi tanggung jawab dari Penulis.
0 komentar:
Posting Komentar